Analis Jagokan Kinerja HEAL di Antara Emiten Kesehatan, Cek Rekomendasi Sahamnya

19 September 2024 05:25 WIB Kontan

Reporter: Akmalal Hamdhi | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID – JAKARTA. Kinerja PT Medikaloka Hermina Tbk (HEAL) diproyeksi akan semakin bugar. Maybank Sekuritas Indonesia memandang emiten pengelola RS Hermina ini merupakan pilihan utama di sektor kesehatan.

Analis Maybank Sekuritas Indonesia Paulina Margareta mengatakan, HEAL adalah pilihan utama karena pertumbuhan volume pasien yang kuat, didorong oleh partisipasi yang kuat dalam program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).

Selain itu, HEAL memiliki potensi peningkatan margin melalui skala ekonomi dan perdagangan karena standarisasi kelas pasien.

Baca Juga: Pendapatan dan Laba Naik Dua Digit, Cek Rekomendasi Saham Medikaloka Hermina (HEAL)

Meskipun memiliki pendapatan per pasien terendah dan kontribusi JKN tertinggi, HEAL mampu meningkatkan dan menstabilkan margin EBITDA pada 28%-30% di tahun 2024-2026. Margin EBITDA HEAL diproyeksi akan terus meningkat dari 26,8% pada tahun fiskal 2023 menjadi 29,9% pada tahun fiskal 2026.

Paulina menjelaskan, HEAL akan didukung oleh skala ekonomi yang lebih besar, peningkatan pendapatan dari pasien, perputaran piutang yang lebih konsisten karena kesehatan keuangan JKN yang membaik, serta dibantu oleh biaya kontribusi yang lebih tinggi dan aliran pendapatan baru seperti skema pembayaran bersama (co-payment).

Maybank Sekuritas melihat, HEAL telah mengalami pertumbuhan pendapatan yang unggul dibandingkan dengan perusahaan sejenis pasca terjadinya pandemi.

Baca Juga: Tersengat Sentimen Pemangkasan Suku Bunga, Cek Rekomendasi Saham Perbankan

Di mana, tingkat pertumbuhan tahunan gabungan (CAGR) di atas 17% pada tahun fiskal 2022-2024, dibandingkan 11% dan 15% yang dicatatkan pesaingnya yakni MIKA dan SILO.

"Hasil ini berkat kombinasi perluasan kapasitas, pertumbuhan lalu lintas, dan peningkatan harga layanan (ASP) untuk pasien swasta," kata Paulina dalam riset 13 September 2024.

Di samping itu, seiring dengan normalisasi lanskap layanan kesehatan pasca-Covid, HEAL juga memanfaatkan jaringan rumah sakitnya yang diperluas untuk mengakomodasi lonjakan kunjungan pasien, terutama dari basis peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) yang kuat.

 

Baca Juga: Laju Emiten Sektor Otomotif Lambat, Cek Rekomendasi Saham Pilihan Analis

Paulina turut menyoroti bahwa pendapatan per tahun HEAL tersebut dipengaruhi adanya model kemitraan dokter. Seperti diketahui, HEAL menawarkan kepemilikan saham 0,5%-1% kepada dokternya di rumah sakit masing-masing, sehingga mendorong perluasan dan mempertahankan dokter yang berkualitas.

"Kolaborasi dengan dokter lokal ini, yang sering kali memiliki basis pasien yang kuat dan pengaruh terhadap pasien atas merek rumah sakit, telah memfasilitasi pertumbuhan yang lebih cepat dan membantu rumah sakit baru dengan cepat meningkatkan operasinya," jelas Paulina.

Peningkatan ini sebagaimana dibuktikan oleh tingkat hunian tempat tidur HEAL yang tinggi sebesar 68% pada tahun anggaran 2022-2024, sambil mempertahankan campuran pembayar swasta ataupun JKN yang stabil.

Baca Juga: Cek Rekomendasi Saham BBRI, BBCA, DOID, ASRI untuk Perdagangan Rabu (18/9)

Dengan berbagai faktor tersebut, Pauline merekomendasikan Buy untuk HEAL dengan target harga Rp 1.850 per saham. Mengutip RTI Business, Rabu (18/9), HEAL ditutup pada posisi Rp 1.470 per saham.

Selanjutnya: Suku Bunga Rendah, Emiten Grup Astra Bergairah

Menarik Dibaca: Promo Amanda Brownies x Danamon, Dapatkan Cashback Rp 30.000!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Latest news sentiment of IDR

19 Sep 2024

Score:

-0.537

(Hawkish)


Word Cloud

Word cloud adalah representasi visual berdasarkan kata yang paling sering muncul dalam kurun waktu tertentu. Ini memberikan gambaran instan tentang kata kunci yang dominan dalam teks tersebut

Daily Market Watch BRI