Harga Minyak Stabil, Fokus Investor Tertuju Pada Keputusan The Fed

18 September 2024 09:21 WIB Kontan

Sumber: Reuters | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - TOKYO. Harga minyak stabil pada Rabu (18/9) pagi, karena investor mengantisipasi pemangkasan suku bunga oleh Federal Reserve AS. Sementara itu, potensi kekerasan lebih lanjut di Timur Tengah mendukung pasar.

Mengutip Reuters, Rabu (18/9), harga minyak mentah Brent berjangka untuk pengiriman November turun 3 sen menjadi US$ 73,67 per barel pada pukul 00.53 GMT. Sedangkan harga minyak mentah WTI untuk pengiriman Oktober turun 11 sen, atau 0,2%, menjadi US$ 71,08 per barel.

Kedua kontrak naik sekitar $1 per barel pada hari Selasa karena gangguan pasokan yang masih ada di AS, produsen minyak terbesar di dunia, setelah Badai Francine dan karena para pedagang bertaruh bahwa permintaan dapat meningkat setelah apa yang akan menjadi pemangkasan suku bunga pertama Fed dalam empat tahun.

Baca Juga: Harga Minyak Terkoreksi Tipis Rabu (18/9) Pagi

Harga minyak juga didukung oleh potensi kekerasan lebih lanjut di Timur Tengah yang dapat menyebabkan gangguan produksi di wilayah produksi utama setelah Israel diduga menyerang kelompok militan Hizbullah dengan pager bermuatan bahan peledak di Lebanon.

"Pasar telah tenang karena kekhawatiran atas kerusakan akibat badai dan meningkatnya ketegangan di Timur Tengah telah diperhitungkan," kata Mitsuru Muraishi, seorang analis di Fujitomi Securities.

"Sekarang, investor berfokus pada pemotongan suku bunga Fed yang dapat merevitalisasi permintaan bahan bakar AS dan melemahkan dolar," katanya.

Ia memprediksi bahwa harga minyak kemungkinan akan mempertahankan nada bullish setelah Brent mencapai titik terendah sejak 2021 minggu lalu.

Para pedagang terus bertaruh bahwa Fed akan memulai serangkaian pemotongan suku bunga yang diharapkan dengan penurunan 50 basi poin pada hari Rabu.

Baca Juga: Harga Minyak Lanjut Menguat Didorong Kekhawatiran Produksi AS

Sementara itu, Hizbullah berjanji akan membalas Israel setelah ledakan di Lebanon pada hari Selasa, menewaskan sedikitnya delapan orang dan melukai hampir 3.000 lainnya, termasuk para pejuang dan utusan Iran untuk Beirut. Israel menolak berkomentar mengenai ledakan tersebut.

Pasar juga mendapat dukungan dari ekspektasi pembelian minyak AS untuk Cadangan Minyak Strategis (SPR).

Pemerintahan Biden akan mengupayakan cadangan minyak strategis hingga 6 juta barel, menurut sumber yang mengetahui masalah tersebut. Pembelian yang jika dituntaskan akan menyamai pembelian terbesarnya sejauh ini dalam pengisian kembali simpanan setelah penjualan bersejarah pada tahun 2022.

Data persediaan minyak AS yang dirilis pada hari Selasa dari American Petroleum Institute (API) beragam. Persediaan minyak naik sebesar 1,96 juta barel dalam pekan yang berakhir pada tanggal 13 September, menurut sumber pasar yang mengutip angka API, tetapi persediaan bensin dan sulingan keduanya naik sekitar 2,3 juta barel.

Laporan Badan Informasi Energi AS akan dirilis pada hari Rabu pukul 10:30 pagi EDT (1430 GMT).

Selanjutnya: AS Selidiki Impor Uranium dari China, Ada Masalah Apa?

Menarik Dibaca: Cara Menata Kamar Tidur untuk Si Kembar

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Latest news sentiment of IDR

19 Sep 2024

Score:

-0.537

(Hawkish)


Word Cloud

Word cloud adalah representasi visual berdasarkan kata yang paling sering muncul dalam kurun waktu tertentu. Ini memberikan gambaran instan tentang kata kunci yang dominan dalam teks tersebut

Daily Market Watch BRI